Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis di Islam

Advertisement
Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis - Puasa hari senin dan kamis adalah termasuk amalan sunnah yang di lakukan Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam-. banyak keutamaan-keutamaan yang terdapat di dalamnya seperti puasa-puasa sunnah yang lainnya. khususnya senin adalah hari dimana Rosulullah -sholallahu ‘alaihi wasallam- di lahirkan dan di turunkan wahyu kepadanya. dan juga bahwa hari senin dan kamis adalah hari dimana amalan seorang hamba di angkat. Puasa hari senin dan kamis merupakan pengamalan sunnah yang di lakukan oleh Rasulullah saw. Seperti halnya puasa sunnah lainnya - terdapat banyak kefadholan dari berpuasan Senin dan Kamis.

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis di Islam

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Keutamaan dan Manfaat Puasa Senin Kamis 
Banyak sekali keutamaan yang terdapat dalam puasa senin dan kamis. Berikut ini merupakan dalil keutamaan rpuasa Senin dan Kamis serta puasa sunnah lainnya. Rasulullah saw. bersabda:


إن في الجنة بابًا يقال له: الريان، يدخل منه الصائمون يوم القيامة لا يدخل منه أحد غيرهم. يقال: أين الصائمون؟ فيقومون لا يدخل منه أحد غيرهم، فإذا دخلوا أغلق فلم يدخل منه أحد

 Artinya : 
“Sesungguhnya di surga ada satu pintu yang namanya “Ar-Rayyan,” yang akan di masuki oleh orang-orang yang sering berpuasa kelak pada hari kiamat, tidak akan masuk dari pintu itu kecuali orang yang suka berpuasa. di katakan : manakah orang-orang yang suka berpuasa? maka mereka pun berdiri dan tidak masuk lewat pintu itu kecuali mereka, jika mereka telah masuk, maka pintu itu di tutup sehingga tidak seorang pun masuk melaluinya lagi.” (HR Bukhori dan Muslim)

عن عائشة ـ رضي الله عنها ـ أن النبي صلى الله عليه وسلم كان يتحرى صيام الاثنين والخميس
 Artinya :
 “Dari ‘Aisyah -radhiallahu ‘anha- : bahwa Nabi -sholallahu ‘alaihi wasallam- sering melakukan puasa senin dan kamis.” (HR Ibnu Majah, At-Tirmidzi dan An-Nasai)

Maksud dari beberapa pintu surga dibuka pada dua hari tersebut; Senin dan Kamis, yaitu di saat inilah setiap orang-orang Mukmin diampuni, kecuali dua orang Mukmin yang sedang bermusuhan. Dalil yang menguatkan hal ini adalah hadits yang termaktub dalam shahih Muslim dari Abu Hurairah radhiallahu ‘anhu, bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wassalam bersabda:
“Pintu-pintu Surga di buka pada hari Senin dan Kamis. Maka semua hamba yang tidak menyekutukan Alloh dengan sesuatu apapun akan diampuni dosa-dosanya, kecuali seseorang yang antara dia dan saudaranya terjadi permusuhan. Lalu dikatakan, ‘Tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap kedua orang ini sampai keduanya berdamai, tundalah pengampunan terhadap orang ini sampai keduanya berdamai.” (HR. Muslim)

Keutamaan Puasa Senin Kamis

Kemudian untuk Keutamaan Puasa Senin Kamis selanjutnya ialah akan mendapatkan Surga oleh Alloh Yang Maha Pemurah karena dengan mengerjakan Puasa Senin Kamis berarti kalian telah berusaha menjadi salah satu Muslim yang bertaqwa, beriman dan beramal kepada Alloh Swt, serta akan terhindari dari siksa api neraka karena perlu kalian ketahui bahwa Puasa merupakan salah satu ibadah yg sangat istimewa dihadapan Alloh Yang Maha Besar lagi Maha Kuasa sehingga mulai dari sekarang bahwa anda sebagai seorang Muslim diusahakan untuk mengerjakan Puasa Senin Kamis secara teratur dan benar.

Manfaat Puasa Senin Kamis untuk kesehatan Manusia sendiri sangatlah banyak karena dengan berpuasa maka seseorang akan mengistirahatkan sebagian sistem pencernaan kita dan walaupun akan merasakan lapar tetapi hal tersebut sangat baik untuk kesehatan dan sistem pencernaan kita sehingga sudah bisa dipastikan bahwa dengan mengerjakan Puasa maka tidak akan terjadi kerugian, malah kalian akan mendapatkan manfaat yg luar biasa banyak.

 
Itulah sekilas artikel tentang Keutamaan Berpuasa Sunnah Senin dan Kamis yang bisa disampaikan. Semoga informasi tentang ibadah sunnah ini mampu mendorong pembaca untuk melaksanakan dan merutinkannya, amin
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: