Bacaan Sholawat Nabi dan Artinya

Advertisement
Bacaan Sholawat Nabi dan Artinya - Sebagai umat Muslim, kita dianjurkan untuk bershalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ada banyak manfaat dan keutamaan apabila seseorang membaca shalawat. Selain kita akan diberi syafaat, dengan kita membaca Sholawat kita akan mendapatkan keberkahan dari Allah SWT dan cepat dikabulkannya doa- doa atau hajat kita tentunya setelah kita mengerjakan sholat hajat terlebih dahulu.

Barang siapa bershalawat kepada Nabi Muhammad, berarti ia telah melaksanakan perintah Allah ta’ala di dalam firman-Nya. Dibawah ini adalah dalil-dalil tentang shalawat, baik dari Al-Qur’an maupun Al-Hadits Nabi SAW, serta para ulama.
 Surah Al-Ahzaab ayat 56, yaitu :

إِنَّ اللَّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبِيِّ ۚ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّوا عَلَيْهِ وَسَلِّمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan Malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Wahai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” [Al-Ahzaab: 56]


Bacaan Sholawat Nabi dan Artinya

Artikel kali ini admin akan menuliskan shalawat yang terbukti paling ampuh. Sebagaimana dijelaskan dalam sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Turmudzi dan Ibnu Majah dari Abdullah bin Abi Auf r.a juga diterangkan, bahwa Rasull SAW telah bersabda yang artinya: “Barang siapa yang mempunyai hajat (kebutuhan) kepada Allah atau kepada salah seorang dari anak Adam, hendaklah ia berwudhu dan menyempurnakan wudhunya, lalu shalat dua rakaat, kemudian hendaklah ia mengucapkan pujian kepada Allah dan mengucapkan shalawat kepada Nabi SAW, dan kemudian hendaklah berdoa.” 

Berikut akan kami tuliskan Bacaan Sholawat Nabi dan Artinya yang biasa yang sudah biasa kita baca ketika tasyahud di dalam sholat. Semoga bermanfaat dan dapat memberikan amal ibadah bagi siapa saja yang mengamalkannya, serta ikut membagikannya kepada seluruh umat Nabi Muhammad SAW.

اَللّـٰـهُمَّ صَلِّ عَلٰى سَـيَّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا صَلَّيْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أَٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَبَارِكْ عَلٰى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ كَمَا بَارَكْتَ عَلٰى سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ وَعَلٰى أٰلِ سَيِّدِنَا إِبْرَاهِيْمَ فِى الْعٰلَمِيْنَ إِنَّكَ حَمِيْدٌ مَجِيْدٌ.

Artinya : “Ya Alloh, limpahkan sholawat kepada Muhammad dan keluarga Muhammad, sebagaiman yang telah Engkau limpahkan pada Ibrahim dan keluarganya, berkatilah Muhammad dan keluarganya sebagaiman Engkau memberkati Ibrahim dan keluarganya. Sesungguhnya Engkau Maha Terpuji lagi Maha Mulia”   


Demikianlah Bacaan Sholawat Nabi dan Artinya yang diajarkan secara langsung oleh Nabi Muhammad Shallallahu 'alaihi wa sallam kepada umatnya. Bacaan Sholawat ini dikenal dengan nama Shalawat ibrahimiyah dan yang biasa dibaca muslim ketika mengerjakan salah satu rukun islam yaitu sholat pada saat tasyahud. Sekian semoga bermanfaat.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: