Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya

Advertisement
Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya - Berbuka puasa menjadi waktu yang sangat ditunggu-tunggu ketika Ramadan. Bagaimana tidak, setelah seharian menahan lapar dan dahaga, menyantap hidangan berbuka menjadi kebahagiaan tersendiri. Sebelum menyantap hidangan, Umat Islam biasanya akan mengawalinya dengan berdoa terlebih dahulu. Haus dan dahaga terobati dengan hidangan berbuka. Namun, di tengah kesenangan itu janganlah lupa akan tuntunan dalam menyantap hidangan berbuka, yaitu dzikir atau doa

Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya

Nah,,,pada artikel kali ini admin akan menyajikan artikel tentang doa berbuka puasa di bulan ramadhan yang penuh berkah yang dicontohkan oleh Rasulullah SAW untuk doa ketika akan berbuka puasa ini. Berikut ini doa puasa yang dicontohkan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam:

Bacaan Doa Berbuka Puasa Arab dan Artinya


    ذَهَبَ الظَّمأُ، وابْتَلَّتِ العُرُوقُ، وثَبَتَ الأجرُ إِن شاءَ اللهُ

Artinya :
Telah hilang dahaga, urat-urat telah basah, dan telah diraih pahala, insya Allah.

Kaum Muslimin di seluruh dunia termasuk juga di Indonesia apabila berbuka puasa biasa membaca doa berikut:

    اللَّهُمَّ لَك صُمْت وَبِك آمَنْتُ وَعَلَى رِزْقِكَ أَفْطَرْتُ ، ذَهَبَ 

الظَّمَأُ وَابْتَلَّتْ الْعُرُوقُ وَثَبَتَ الْأَجْرُ إنْ شَاءَ اللَّهُ .

Artinya: “Ya Allah, karena-Mu aku berpuasa, kepada-Mu aku beriman dan dengan rizki-Mu aku berbuka. Telah hilang rasa penatku dan basahlah tenggorokanku dan tetaplah pahala dicurahkan atasku, Insya Allah”.

Baca Juga :
Bacaan Niat Puasa Ramadhan dan Terjemahannya

Membaca doa saat berbuka puasa adalah suatu kesunahan. Bagi orang yang berpuasa silahkan berdoa kepada Allah pada saat berbuka sesuai hajat yang dikehendakinya. Seperti, meminta surga dan berlindung dari neraka, beristighfar (memohon ampunan), dikuatkan imannya, dilapangkan rizki dan doa-doa yang lainnya.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: