Bacaan dan Tata Cara Shalat Istikharah

Advertisement
Bacaan dan Tata Cara Shalat Istikharah -Shalat Istikharah itu sebenarnya berasal dari bahasa arab yang memiliki arti “memilih” atau menentukan pilihan terhadap sesuatu hal, agar bisa menentukan pilihan yang terbaik dari 2 hal yang masih ragu untuk bisa memilih yang terbaik , seseorang bisa melakukan Shalat ini untuk menentukan dimana dia nanti akan bersekolah atau menentukan siapa yang lebih cocok menjadi jodohnya, dan juga bisa menentukan dimana dia akan berkarir, dan setelah melakukan Shalat Sunnah ini , dengan izin Allah SWT maka orang yang melakukan Shalat Sunnah Istikharah akan diberi kemantapan hati untuk bisa memilih yang terbaik untuk dirinya

Bacaan dan Tata Cara Shalat Istikharah

Tata Cara Shalat Istikharah

Bacaan dan Tata Cara Shalat Istikharah

Adapun urusan yang bersifat wajib, bukan menjadi domain shalat istikharah karena ketentuan kewajiban sudah jelas dan bukan pilihan. Demikian pula urusan yang diharamkan tidak diperkenankan melaksanakan shalat istikharah, karena terhalang oleh hukum syariat.

Sesuai hadist yang diriwayatkan oleh Jabir, Rasulullah bersabda :

اذا هم أحد كم بالأمر فليركع ركعتين ثم ليقل: أللهم… (رواه البخاري)


Dalam hadits yang lain Rasulullah SAW bersabda :

من خاب من استخار ولاندم من استشارولاعال من اقتصد . رواه الطبرانى

“Tidak akan kecewa bagi orang yang melaksanakan istikharah, dan tidak akan menyesal bagi orang yang suka bermusyawah, tidak akan kekurangan bagi orang yang suka berhemat” HR Thabrani

Selanjutnya menurut riwayat Ibnu Majah :



كان رسول الله صلى الله عليه سلم يعلمنا الإ ستخارة فى الأموركلها كما يعلمناالسورةمن القران

“Sesungguhnya Rasulullah mengajarkan kita shalat istikharah dalam segala perkara, sebagaimana Beliau mengajarkan kita surah dari Al-Qur’an”

Tata Cara Shalat Istikharah

Adapun cara sholat istikharah hampir sama dengan sholat sunnat lain pada umumnya.

Lafaz niat sholat istikharah

أُصَلِّي سُنَّةَ اْلإِسْتِخَارَةِ رَكْعَتَيْن لِلَّهِ تَعَال

Ushalli Sunnatal Istikharaati Rak’ataini Lillahi Ta’aala
 

Artinya:
Sahaja Aku sembahyang sunnat istikharah 2 rakat kerana Allah Ta’ala

Kemudian melakukan :

  1. Takbir (Allahu Akbar) seraya membaca niat dalam hati : Saya sholat istikharah 2 rakaat karena Allah Ta’ala
  2. Kemudian membaca surat al-fatihah dilanjutkan dengan surat Al’ kafirun,lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnah biasa (ruku’, i’tidal, sujud dsb)
  3. Pada raka’at kedua kembali membaca alfatihah lalu dilanjutkan membaca surat Al’Ikhlash, lanjutkan seperti melaksanakan sholat sunnah biasa (ruku’, i’tidal, sujud dsb)
  4. Salam
Setelah selesai Shalat maka dilanjutkan dengan membaca doa shalat sunat istikharah, yaitu:

اللَّهُمَّ إِنِّيْ أَسْتَخِيْرُكَ بِعِلْمِكَ، وَأَسْتَقْدِرُكَ بِقُدْرَتِكَ، وَأَسْأَلُكَ مِنْ فَضْلِكَ الْعَظِيْمِ، فَإِنَّكَ تَقْدِرُ وَلاَ أَقْدِرُ، وَتَعْلَمُ وَلاَ أَعْلَمُ، وَأَنْتَ عَلاَّمُ الْغُيُوْبِ. اَللَّهُمَّ إِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ -........ - خَيْرٌ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاقْدُرْهُ لِيْ وَيَسِّرْهُ لِيْ ثُمَّ بَارِكْ لِيْ فِيْهِ، وَإِنْ كُنْتَ تَعْلَمُ أَنَّ هَذَا اْلأَمْرَ ............ شَرٌّ لِيْ فِيْ دِيْنِيْ وَمَعَاشِيْ وَعَاقِبَةِ أَمْرِيْ فَاصْرِفْهُ عَنِّيْ وَاصْرِفْنِيْ عَنْهُ وَاقْدُرْ لِيَ الْخَيْرَ حَيْثُ كَانَ ثُمَّ أَرْضِنِيْ بِهِ
 (.....Pada titik-titik isi dengan hajat anda)

Allahumma inniy astakhiiruka bi‘ilmika wa astaqdiruka biqudratika wa as-aluka min fadhlikal ‘azhim,fainnaka taqdiru wa laa aqdiru wa ta’lamu wa laa ‘Abdullah’lamu wa anta ‘allaamul ghuyuub. Allahumma in kunta ta’lamu anna haadzal amru khairul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa‘aaqibati amriy” atau; ‘Aajili amriy wa aajilihi faqdurhu liy wa yassirhu liy tsumma baarik liy fiihi. Wa in kunta ta’lamu anna haadzal amru syarrul liy fiy diiniy wa ma’aasyiy wa‘aaqibati amriy” aw qaola; fiy ‘aajili amriy wa aajilihi fashrifhu ‘anniy washrifniy ‘anhu waqdurliyl khaira haitsu kaana tsumma ardify bihi.”

Artinya: “Ya Allah hamba memohon agar Tuhan memilihkan mana yang baik menurut Engkau Ya Allah. Dan hamba memohon Tuhan memberikan kepastian dengan ketentuan-Mu dan hamba memohon kemurahan Tuhan yang Besar lagi Agung karena sesungguhnya Tuhan yang Berkuasa sedang hamba tidak tahu dan Tuhanlah yang amat mengetahui segala sesuatu yang masih tersembunyi. Ya Allah, jika Tuhan mengetahui, bahwa persoalan ini baik bagi hamba, dan baik pula akibatnya bagi hamba, maka berilah perkara ini kepada hamba, dan mudahkanlah ia bagi hamba, kemudian berikanlah keberkahan bagi hamba, dan penghidupan hamba, dan jika tidak baik  akibatnya bagi hamba, maka jauhkanlah ini dari hamba dan jauhkanlah hamba dari padanya. Dan berilah hamba orang yang rela atas anugrah-Mu.”
 
 
Shalat Sunah Istikharah ini sebaiknya dilaksanakan 3 malam atau 7 malam berturut – turut sampai anda sudah diberikan petunjuk oleh Alloh atas apa yg harus anda lakukan atau apa yg harus dipilih. Untuk tambahan juga anda bisa menambahkan Shalat Sunah Hajat dan jangan lupa untuk mengerjakan Shalat wajib 5 waktu karena hal tersebut lah yg menjadi kewajiban anda.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: