Ayat Al quran tentang Pernikahan

Advertisement
Ayat Al quran tentang Pernikahan - Secara bahasa nikah berarti mengumpulkan, sedangkan menurut istilah yaitu akad yang menghalalkan pergaulan dan membatasi hak dan kewajiban. Nikah adalah salah satu asas pokok hidup yang paling utama dalam pergaulan atau masyarakat yang sempurna. Pernikahan itu bukan saja merupakan jalan yang amat mulia untuk mengatur kehidupan rumah tangga dan keturunan, tetapi juga dapat dipandang sebagai suatu jalan untuk menuju pintu perkenalan antara suatu kaum dengan kaum lain, dan perkenalan itu akan menjadi jalan untuk menyampaikan pertolongan antara satu dengan yang lainya..

Pernikahan adalah sunatullah, hukum alam di dunia. Perkawinan dilakukan oleh manusia, hewan,bahkan oleh tumbuh-tumbuhan. Bahwa segala sesuatu di dunia ini terdiri dari dua pasangan. Misalnya, air yang kita minum terdiri dari oksigen dan hydrogen, listrik ada positif dan negative dan lain sebagainya

Banyak sekali kita jumpai ayat-ayat Al-Qur’an maupun hadits yang yang berkaitan dengan pernikahan, seperti anjuran menikah, hukum nikah, aturan dan segala hal yang berkaitan dengan sebuah pernikahan. Ayat-ayat yang menjelaskan tentang pernikahan diantaranya adalah QS. An Nuur, QS. Adz Dzariyaat, Qs. Yaa Siin, Qs. An Nahl, Qs. Ar. Ruum, Qs. At Taubah, Qs. An Nisaa, Qs. An Nisaa', Qs. Al Ahzaab, Qs. Al-Isra, dan Qs. Al-A’raf.

Ayat Al quran tentang Pernikahan

Beberapa Firman Allah tentang Pernikahan:
Pertama; surat Ar-ro’d ayat ke 38

وَلَقَدْ أَرْسَلْنَا رُسُلًا مِنْ قَبْلِكَ وَجَعَلْنَا لَهُمْ أَزْوَاجًا وَذُرِّيَّةً


Artinya: “Dan sesungguhnya kami telah mengutus beberapa Rosul sebelum kamu dan kami memberikan kepada mereka istri-istri dan keturunan.”

Ayat ini merupakan dalil bahwa seluruh Nabi melakukan pernikahan. Ketika mengomentari dalil ini, Ibn Kasir dalam tafisnya berkata: “(Seolah-olah) Alloh berfirman Wahai muhammad ! sebagaimana aku mengutusmu sebagai utusan dalam wujud manusia begitu juga aku telah mengutus para Rosul sebelum kamu dari golongan manusia yang makan, pergi kepasar, bersenggama dengan istri, dan aku jadikan keluarga untuk mereka.”

Kedua; surat An-Nisa ayat ke 1


يَا أَيُّهَا النَّاسُ اتَّقُوا رَبَّكُمُ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَخَلَقَ مِنْهَا زَوْجَهَا

Artinya: “Wahai manusia! Bertaqwalah kepda Tuhan mu yang telah menciptakan kalian dari satu orang kemudian Alloh jadikan jodohnya dari dirinya.”

Ayat ini menjelaskan bahwa Alloh menciptakan manusia dari satu orang yaitu nabi Adam. Alloh menciptakan istri nabi Adam dai tulang iganya Nabi Adam. (Tafsir Ibn Katsir)

Ketiga: surat AN-Nisa ayat ke 3


فَانْكِحُوا مَا طَابَ لَكُمْ مِنَ النِّسَاءِ مَثْنَى وَثُلَاثَ وَرُبَاعَ

Artinya: “Nikahilah wanita yang kami senangi dua atau tiga atau empat...”

Ke empat: surat An-Nur ayat ke 32


وَأَنْكِحُوا الْأَيَامَى مِنْكُمْ وَالصَّالِحِينَ مِنْ عِبَادِكُمْ وَإِمَائِكُمْ

Artinya: “Dan nikahilah orang-orang yang sendirian di antara kamu dan orang-orang yang layak menikah dari hamba sahaya mu yang lelaki dan hamba sahaya mu yang perempuan...”

Kelima surat Adz-dzariyaat ayat ke 49

وَمِنْ كُلِّ شَيْءٍ خَلَقْنَا زَوْجَيْنِ لَعَلَّكُمْ تَذَكَّرُونَ

Artinya: “dan segala sesuatu kami jadikan berpasang-pasangan supaya kalian mengingat (kebesaran Alloh)

Ke enam surat Yasin ayat ke 36


سُبْحَانَ الَّذِي خَلَقَ الْأَزْوَاجَ كُلَّهَا مِمَّا تُنْبِتُ الْأَرْضُ وَمِنْ أَنْفُسِهِمْ وَمِمَّا لَا يَعْلَمُونَ

Artinya: “Maha suci Alloh yang telah menciptakan pasangan-pasangan semuanya, baik dari apa yang ditumbuhkan oleh bumi dan dari diri mereka maupun dari sesuatu yang tidak mereka ketahui.”

Ke tujuh; surat An-Nahl ayat ke 72

وَاللَّهُ جَعَلَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا

Artinya: “Alloh menjadikan bagi kamu istri-istri dari jenis kalian sendiri...”

Ke delapan; surat Ar-Rum ayat ke 21

وَمِنْ آيَاتِهِ أَنْ خَلَقَ لَكُمْ مِنْ أَنْفُسِكُمْ أَزْوَاجًا لِتَسْكُنُوا إِلَيْهَا

Artinya: “ dan sebagian dari tanda-tanda kekuasaan-Nya adalah Dia menciptakan untukmu istri-istri dari jenis kamu sendiri supaya kamu cenderung dan tentram kepadanya..”

Kesembilan; surat Al-A’rof ayat ke 189

هُوَ الَّذِي خَلَقَكُمْ مِنْ نَفْسٍ وَاحِدَةٍ وَجَعَلَ مِنْهَا زَوْجَهَا لِيَسْكُنَ إِلَيْهَا

Artinya: “Dialah yang menciptakan kalian dari satu orang, kemudian darinya Dia menciptakan istrinya agar cocok dan tenteram kepadanya...”

Ke sepuluh; surat An-Nur ayat ke 26

الْخَبِيثَاتُ لِلْخَبِيثِينَ وَالْخَبِيثُونَ لِلْخَبِيثَاتِ وَالطَّيِّبَاتُ لِلطَّيِّبِينَ وَالطَّيِّبُونَ لِلطَّيِّبَاتِ

Artinya: “Wanita-wanita keji adalah untuk laki-laki yang keji, dan laki-laki yang keji adalah untuk wanita yang keji, dan wanita-wanita yang baik adalah untuk laki-laki yang baik dan laki-laki yang baik adalah untuk wanita yang baik (pula)..”


Itulah beberapa Ayat Al quran tentang Pernikahan tentang anjuran menikah dan masih banyak lainnya yang tidak tertuliskan. Semoga beberapa Dalil Tentang Pernikahan Dalam Islam ini dapat memberikan manfaat bagi kita yang membaca dan khususnya yang membutuhkannya. 
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: