Ayat Al Qur'an tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Advertisement
Ayat Al Qur'an tentang Berbakti Kepada Orang Tua -  Sebagai seorang muslim yang baik kita tentu tahu bahwa akhlak terhadap orang tua merupakan sesuatu hal yang sangat penting. Karena, orang tua adalah orang yang mengenalkan kita pada dunia dari kecil hingga dewasa.Dan setiap orang tua pun pasti mempunyai harapan terhadap anaknya agar kelak menjadi anak yang sukses, berbakti kepada orang tua, serta menjadi lebih baik dan shaleh.

Maka dari itu, jika kita memang seorang muslim yang baik hendaknya kita selalu berbakti kepada orang tua, melakukan apa yang telah diperintahkan oleh orang tua, dan pantang untuk membangkang kepada orang tua. Berbuat baik dan berbakti kepada kedua orang tua itu adalah perkara yang penting lagi agung dan diwajibkan bagi setiap manusia, khususnya kaum muslimin. Telah banyak disebutkan oleh Allah Subhanahu wa ta’ala di dalam alqur’an yang mulia beberapa ayat yang berkaitan dengannya.

Ayat Al Qur'an tentang Berbakti Kepada Orang Tua

Dalil Berbakti Kepada Kedua Orang Tua dalam Al Qur'an


{وَاعْبُدُوا اللَّهَ وَلَا تُشْرِكُوا بِهِ شَيْئًا وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا} [النساء: 36]
"Sembahlah Allah dan janganlah kamu mempersekutukan-Nya dengan sesuatu pun. Dan berbuat baiklah kepada dua orang ibu-bapa"


{وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حُسْنًا} [العنكبوت: 8]

"Dan Kami wajibkan manusia (berbuat) kebaikan kepada dua orang ibu-bapaknya."


{وَوَصَّيْنَا الْإِنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ} [لقمان: 14]

"Dan Kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu."

Cara Berbakti Pada Orang Tua

Bentuk dan cara dalam berbakti kepada kedua orang tua banyak macamnya. Dan diantara jalan kiat tips berbakti pada ibu bapak orang tua kita antara lain dalam bentuk :
  1. Mendoakan kebaikan pada keduanya.
  2. Taat dan patuh pada perintah orang tua selama tidak dalam rangka bermaksiat kepada Allah.
  3. Melakukan hal-hal yang membahagiakan hati serta menjauhi hal-hal yang tidak disukai oleh mereka.
  4. Bergaul dengan keduanya dengan cara yang baik. Di dalam hadits Nabi saw disebutkan bahwa memberi kegembiraan kepada seseorang mukmin termasuk shodaqoh, lebih utama lagi kalau memberi kegembiraan kepada orang tua kita.
  5. Berkata kepada keduanya dengan perkataan yang lemah lembut. Hendaknya dibedakan berbicara kepada kedua orang tua dengan kepada anak, teman atau dengan yang lain.
  6. Tawadhu (rendah diri). Tidak boleh kibr (sombong) apabila sudah meraih sukses atau memenuhi jabatan di dunia.
  7. Memberi infaq (shodaqoh) kepada kedua orang tua. Semua harta kita adalah milik orang tua 
Baca Juga:
Ayat Al Quran Tentang Sholat Lima waktu

Dengan demikian kami mengajak kepada semua generasi Muda agar menghormati dan menyayangi Orang Tua Kita kapanpun dan dimanapun Kita berada, berbaktilah kepada kedua orang tua kita dan janganlah kita durhaka kepada keduanya.
 
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: