Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

Advertisement
Nama Nama Malaikat dan Tugasnya - Malaikat adalah ciptaan Allah yang ghaib, yang tidak mempunyai nafsu dan pikiran, tidak berbapak dan tidak beribu, juga tidak beranak. Malaikat hanya mengerjakan apa yang diperintahkan Allah kepada mereka. Malaikat ada baaaaanyak banget, tapi yang wajib diimani hanya ada sepuluh.

Keimanan kepada malaikat masuk ke dalam rukun Iman yang kedua, maka setiap orang islam yang mengaku muslim harus mengimani keberadaan malaikat.

Rukun iman dalam agama islam ada 6 (enam), salah satunya adalah iman kepada malaikat. Iman kepada malaikat artinya meyakini bahwa Allah SWT., memiliki malaikat-malaikat yang diciptakanNya. Ada 10 Malaikat yang wajib diketahui, sepuluh malaikat tersebut.

Nama Nama Malaikat dan Tugasnya

Berikut ini Nama nama Malaikat ALLAH SWT yang wajib diketahui berserta Tugasnya :

1. Jibril
Malaikat Jibril bertugas menyampaikan wahyu dari ALLAH SWT kepada para Nabi dan Rasul utusan Allah SWT.

2. Mikail
Malaikat Mikail bertugas membagikan/memberi rezeki kepada manusia seperti turunnya hujan, tumbuhnya tumbuh tumbuhan dan lain sebaginya.

3. Israfil
Malaikat Israfil bertugas meniup terompet sangkakala di hari kiamat dan hari kebangkitan sebagai pertanda bahwa kiamat telah datang.

4. Izrail
Malaikat Izrail bertugas mencabut nyawa.

5. Munkar
Malaikat Munkar bertugas menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur dan menyiksa manusia di alam kubur atas sebab perbuatan buruknya di dunia.

6. Nakir
Malaikat Munkar bertugas menanyai amal perbuatan manusia di alam kubur dan menyiksa manusia di alam kubur atas sebab perbuatan buruknya di dunia.

7. Raqib
Malaikat Raqib bertugas mencatat amal perbuatan baik manusia semasa hidupnya.

8. Atid
Malaikat Atid bertugas mencatat amal perbuatan buruk manusia semasa hidupnya.

9. Malik
Malaikat Malik bertugas menjaga pintu neraka.

10. Ridwan
Malaikat Ridwan bertugas menjaga pintu surga.


Demikianlah Sebagian Nama Nama Malaikat berdasarkan Al-Quran dan Hadits yang wajib kita ketahui semog bermanfaat.
Advertisement

Subscribe to receive free email updates: